Hafid Realms

Blogger Template by ThemeLib.com

Beberapa Cara Instalasi Java JDK di Ubuntu 11.10

Published by Hafid under on 02.30
Hmmm, setelah saya tulis cerita Saya saat menginstall Ubuntu di Windows, Saya mau menulis lagi. Kali ini tentang cara apa saja yang Saya lakukan saat menginstall Oracle Java JDK di Ubuntu.

Berawal dari saat Saya install bermacam-macam aplikasi di Ubuntu lewat terminal, yaitu Ubuntu Restricted Extras. Ubuntu Restricted Extras memiliki berbagai macam aplikasi dan codec, sehingga nanti file-file berformat MP3, AVI, MKV, dan lain sebagainya bisa dijalankan di Ubuntu. Selain itu, di dalam Ubuntu Restricted Extras juga terdapat Adobe Flash Plugin untuk memutar video lewat Youtube dan OpenJDK untuk menjalankan aplikasi yang menggunakan Java. Perintah inilah yang Saya ketikkan di terminal untuk menginstall package aplikasi ini.

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Saya coba lihat versi Java yang terinstal dengan perintah:

java -version

dan informasi tentang Java ini tampil di layar Saya.

java version "1.6.0_23"
OpenJDK Runtime Environment (IcedTea6 1.11pre) (6b23~pre11-0ubuntu1.11.10.2)
OpenJDK Server VM (build 20.0-b11, mixed mode)

Iseng-iseng, Saya cari program HelloWorld yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java untuk dijalankan. Listing programnya seperti dibawah ini.

class HelloWorldApp {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hello World!"); // Display the string.
    }
}

Saya save program tersebut dengan nama HelloWorldApp.java. Jangan save dengan nama selain nama class dari program ini, atau programnya tidak akan bisa jalan (setahu Saya, dan itu juga aturan dari Java sendiri). Saat saya coba compile dengan perintah:
javac HelloWorldApp.java

malah informasi dibawah ini yang tampil.

The program 'javac' can be found in the following packages:
 * openjdk-6-jdk
 * ecj
 * gcj-4.4-jdk
 * gcj-4.6-jdk
 * gcj-4.5-jdk
 * openjdk-7-jdk
Try: sudo apt-get install


Karena hal ini, Saya putuskan saja untuk download Java SE di Oracle yang saat ini menampilkan Java SE 7u4 sebagai rilisan terbaru. Saya download JDK nya, dan saya tunggu hingga download selesai.

Setelah selesai, Saya mendapatkan file yang bernama jdk-7u4-linux-i586.tar.gz. Saya pindahkan file ini ke Home, kemudian Saya masuk ke terminal lagi dan ekstrak file tersebut dengan perintah dibawah ini.


tar -xzvf jdk-7u4-linux-i586.tar.gz

Setelah file Java terekstrak, selanjutnya Saya cek keberadaan direktori /usr/lib/jvm dengan perintah cd.


cd /usr/lib/jvm

Karena sebelumnya Saya sudah menginstal Java dari Ubuntu Restricted Extras, otomatis direktori ini sudah ada. Tapi kalau belum ada, buat saja direktori tersebut dengan perintah mkdir.

sudo mkdir -p /usr/lib/jvm

Saya lihat hasil ekstrakan dari file jdk-7u4-linux-i586.tar.gz dengan perintah ls, dan Saya menemukan direktori jdk1.7.0_04. Direktori tersebut Saya pindahkan ke direktori /usr/lib/jvm dengan perintah di bawah ini.


sudo mv jdk1.7.0_04 /usr/lib/jvm/

Ada beberapa cara untuk menginstall Java JDK di Ubuntu 11.10 yang Saya temukan di internet. Di sini Saya akan tuliskan dua sumber saja.

1. WEB UPD8
Setelah jdk1.7.0_04 dipindahkan ke direktori /usr/lib/jvm/, lanjutkan dengan menambahkan PPA dari WEB UPD8 lewat terminal. Ketikkan perintah dibawah ini satu persatu, tunggu perintah pertama selesai, setelah itu lanjutkan dengan perintah dibawahnya.

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt-get update
sudo apt-get install update-java

Perintah-perintah diatas akan mendownload package untuk update Java yang dibuat oleh Bruce Ingalls. Setelah semuanya selesai, jalankan perintah dibawah ini.

sudo update-java

Maka menu dibawah inilah yang akan tampil.


Karena Saya ingin mengupdate Java dengan jdk1.7.0_04 yang telah Saya pindahkan ke dalam direktori /usr/lib/jvm/, maka opsi /usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04 yang Saya pilih, kemudian OK. Terminal menampilkan info bahwa Java Plugin telah terinstall di browser Mozilla Firefox.

Selanjutnya Saya coba cek versi Java yang Saya gunakan dengan perintah java -version, dan outputnya seperti dibawah ini.

java version "1.7.0_04"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.7.0_04-b20)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 23.0-b21, mixed mode)

Untuk memastikan lagi bahwa Java yang Saya install telah sukses, Saya coba compile lagi file HelloWorldApp.java yang telah Saya buat dengan perintah javac HelloWorldApp.java, lalu Saya running dengan java HelloWorldApp. Outputnya seperti dibawah ini.

Hello World!

Cara pertama sukses.

2. Ask Ubuntu
Karena Saya sudah memakai cara yang pertama untuk menginstall Java JDK, maka untuk cara kedua Saya hanya akan menjelaskannya saja.

Setelah jdk1.7.0_04 dipindahkan ke direktori /usr/lib/jvm/, jalankan perintah-perintah dibawah ini satu persatu.

sudo update-alternatives --install "/usr/bin/java" "java" "/usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/bin/java" 1
sudo update-alternatives --install "/usr/bin/javac" "javac" "/usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/bin/javac" 1
sudo update-alternatives --install "/usr/bin/javaws" "javaws" "/usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/bin/javaws" 1


Lanjutkan dengan menjalankan perintah dibawah ini.

sudo update-alternatives --config java

Maka akan muncul opsi seperti berikut ini.

There are 3 choices for the alternative java (providing /usr/bin/java).

Selection Path Priority Status
————————————————————
* 0 /usr/lib/jvm/java-6-openjdk/jre/bin/java 1061 auto mode
1 /usr/lib/jvm/java-6-openjdk/jre/bin/java 1061 manual mode
2 /usr/lib/jvm/java-6-sun/jre/bin/java 63 manual mode
3 /usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/jre/bin/java 3 manual mode

Press enter to keep the current choice[*], or type selection number: 3
update-alternatives: using /usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/jre/bin/java to provide /usr/bin/java (java) in manual mode.


Karena versi Java JDK yang ingin diupdate adalah jdk1.7.0_04, maka pilih opsi /usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/jre/bin/java dengan menekan angka 3 pada keyboard, kemudian Enter. Jika selesai, cek versi Java yang telah terinstall dengan perintah java -version.

Lakukan hal yang sama pada javac dan javaws dengan mengetikkan perintah berikut ini. Ikuti langkah-langkah seperti konfigurasi Java diatas hingga selesai.


sudo update-alternatives --config javac
sudo update-alternatives --config javaws


Langkah terakhir, aktifkan Java Plugin untuk browser Mozilla Firefox secara manual. Awali dengan membuat direktori ~/.mozilla/plugins/ pada direktori Home.


sudo mkdir ~/.mozilla/plugins/

Jika selesai, lanjutkan dengan mengaktifkan Java Plugin untuk browser Mozilla Firefox dengan perintah dibawah ini.


ln -s /usr/lib/jvm/jdk1.7.0_04/jre/lib/i386/libnpjp2.so ~/.mozilla/plugins/

Cara keduapun sukses.

Jika Anda tidak ingin repot dalam menginstall Java JDK di Ubuntu, gunakan saja cara pertama. Tapi kalau Anda adalah seorang yang konvensional, gunakan saja cara kedua. Semoga tulisan ini dapat menepis kebingungan Anda dalam menginstall Java JDK di Ubuntu.



 

Lipsum

Followers