Hafid Realms

Blogger Template by ThemeLib.com

Cerita di Balik Backlight Bug di Ubuntu 12.04

Published by Hafid under on 08.09
Di dua artikel sebelumnya Saya masih menggunakan Ubuntu 11.10, dan sekarang Saya sudah menggunakan Ubuntu 12.04 LTS. Saya instal bermacam-macam aplikasi yang Saya perlukan, hingga berakhir dengan instal ulang lagi Ubuntu. Hal ini dikarenakan terjadinya error yang cukup parah setelah Saya coba iseng-iseng menginstal Xorg Edger agar dapat mendongkrak kinerja grafik onboard di laptop Acer Aspire 4736 yang dibelikan orangtua Saya tahun 2009 silam.


Acer Aspire 4736 dari Google

Setelah Saya instal ulang Ubuntu 12.04 dan mulai lagi update, upgrade, dan instal aplikasi, laptop saya matikan sebentar untuk beristirahat, baru setelah itu Saya hidupkan kembali. Tapi yang terjadi adalah, setelah melewati boot Ubuntu yang ditandai dengan layar ungu, layar laptop Saya kemudian berkedip dan jadi gelap sama sekali.

Saya tekan kombinasi tombol Fn+F6 berkali-kali untuk menghidupkan kembali cahaya latar (backlight) di laptop Saya, sehingga Saya bisa lihat dengan cahaya berkedip-kedip kalau Ubuntu sudah memasuki login screen.

Saat inilah Saya jadi kelimpungan. Saya berpikir kalau hal ini disebabkan karena laptop Saya yang sudah mulai rusak (pada hard disk memang terdapat bad sector). Saya hard restart berkali-kali, Saya cabut kabel power, tetap saja keadaan laptop Saya seperti itu. Ubuntu 12.04 berjalan seperti biasa tanpa ada backlight, membuat Saya seperti orang buta yang sedang menggunakan komputer.

Setelah shalat dan berdoa, Saya kumpulkan lagi logika dan nalar Saya. Kalau memang laptop yang rusak, kenapa errornya selalu terjadi setelah boot. Berarti yang mengalami kerusakan bukanlah laptop, melainkan Ubuntu itu sendiri yang ada masalah. Berbekal asumsi kerusakan pada Ubuntu, saya telusuri Google dari handphone Saya. Ternyata benar, ada bug pada Ubuntu yang menyebabkan backlight disetting ke posisi paling rendah. Dan hal ini juga terjadi pada Ubuntu versi-versi sebelumnya.

Ada beberapa cara yang Saya dapatkan lewat internet, bagaimana cara mengatasi bug pada backlight ini.

1. Appbuntu
Di sini, adminnya Appbuntu menambahkan parameter boot pada GRUB Ubuntu. Buka Terminal lalu ketikkan:

gksudo gedit /etc/default/grub

Temukan baris yang bertuliskan GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash", kemudian tambahkan baris acpi_backlight=vendor, sehingga menjadi:

GRUB_DEFAULT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT_QUIET=true
GRUB_TIMEOUT=10
GRUB_DISTRIBUTOR=`lsb_release -i -s 2> /dev/null || echo Debian`
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_backlight=vendor"
GRUB_CMDLINE_LINUX=""


Jika selesai, save dan close file tersebut, kemudian jalankan perintah dibawah ini dan reboot:

sudo update-grub


Saya kerjakan semua perintah diatas dengan terus menekan tombol Fn+F6 agar tetap bisa melihat. Tapi setelah reboot hasilnya sama saja, layar tetap gelap setelah boot screen berwarna ungu.

2. AskUbuntu 1
Seseorang menanyakan masalah yang sama dengan Saya, dan pertanyaannya ditanggapi oleh seseorang. Tanggapannya mirip dengan cara nomor 1 yang Saya tulis, cuma kali ini baris yang ditambahkan pada GRUB berbeda.

Orang ini menambahkan baris acpi_osi=Linux pada baris GRUB_CMDLINE_LINUX="" sehingga menjadi:

GRUB_DEFAULT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT_QUIET=true
GRUB_TIMEOUT=10
GRUB_DISTRIBUTOR=`lsb_release -i -s 2> /dev/null || echo Debian`
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash"
GRUB_CMDLINE_LINUX="acpi_osi=Linux"


Setelah itu jalankan perintah sudo update-grub dan reboot komputer.

Saya lakukan hal yang sama, namun gagal. Saya kombinasikan cara ini dengan cara nomor 1 sehingga barisnya menjadi:

GRUB_DEFAULT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0
GRUB_HIDDEN_TIMEOUT_QUIET=true
GRUB_TIMEOUT=10
GRUB_DISTRIBUTOR=`lsb_release -i -s 2> /dev/null || echo Debian`
GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT="quiet splash acpi_backlight=vendor"
GRUB_CMDLINE_LINUX="acpi_osi=Linux"


Komputer Saya reboot, tetap saja gagal dan layar tetap gelap setelah boot screen berwarna ungu.

3. AskUbuntu 2
Saya temukan pertanyaan lain. Ada orang yang (sepertinya) telah mencoba mengedit file GRUB seperti cara diatas dan tetap gagal. Pertanyaannya ditanggapi seseorang dengan memberikan cara mengetikkan perintah di Terminal:

sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=00

Saya ikuti cara ini, dan layar laptop Saya kembali terang benderang seperti semula. Saya iseng coba menekan kombinasi tombol Fn+< dan Fn+>, tapi hasilnya terbalik. Fn+< yang seharusnya gelap, jadi terang. Fn+> yang seharusnya terang, jadi gelap. Tapi yang penting backlight layar laptop Saya sudah kembali normal dan Saya bisa gunakan laptop Saya kembali. Saya ulangi lagi lagi menginstal Ubuntu 12.04 karena masih penasaran.

Ternyata banyak juga cara-cara mengatasi backlight bug Ubuntu yang Saya temukan di internet, seperti pertanyaan lainnya di AskUbuntu ini. Tapi karena backlight layar laptop Saya sudah normal kembali, cara ini tidak Saya coba. Jika terjadi bug seperti ini, laporkan saja ke Launchpad agar patch untuk menutupi bug ini segera dirilis.

Saya memang belum melaporkan bug ini ke Launchpad, karena sedang malas untuk registrasi membuat akun baru. Tapi catatan di blog ini bisa Saya jadikan senjata jika suatu saat bug ini menghampiri laptop Saya lagi. Semoga bermanfaat.
 

Lipsum

Followers