Hafid Realms

Blogger Template by ThemeLib.com

Blue Screen of Death (BSOD)

Published by Hafid under on 07.01
Pengenalan
Blue screen of death (BSOD) merupakan suatu kesalahan yang ditampilkan oleh beberapa sistem operasi, terutama Microsoft Windows yang menampilkan bagian mana yang mengalami kerusakan agar kerusakan permanen dapat dicegah. Blue screen dapat juga disebabkan oleh kesalahan fisik seperti memori, ketidakstabilan power supply, komponen terlalu panas, atau perangkat keras yang berjalan di luar batas spesifikasi normal (overclocked). Di

bawah ini terdapat macam-macam BSOD yang terdapat pada sistem operasi.

Gambar 1. Blue screen of death pada Windows XP



Gambar 2. Blue screen of death pada ReactOS


Gambar 3. Blue screen of death pada Windows 9x/Millenium Edition (ME)


Gambar 4. Red screen of death

BSOD pada Windows NT
Pada windows NT, BSOD terjadi ketika kernel atau driver berjalan dalam mode kernel menemukan error yang fatal. Hal ini biasanya disebabkan oleh operasi perintah ilegal yang dilakukan (virus BSOD). Satu-satunya tindakan aman dari sistem operasi ini adalah dengan merestart komputer secara manual. Akibatnya, data pekerjaan yang sedang diproses akan hilang jika proses saving belum sempat dilakukan.

Teks pada layar BSOD berisi kode error dan nama simbolis (misalnya "0x0000001E, KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED") . Para insinyur software
membantu mengatasi masalah yang terjadi dengan menerjemahkan kode BSOD tersebut. Pada Windows NT dan 2000, kedua dan ketiga bagian dari layar mungkin berisi informasi tentang semua driver yang dimuat pada dump memory.

Secara default, Windows akan membuat memori dump file bila BSOD terjadi. Tergantung pada versi OS, mulai dari 64kB "minidump" ke "dump lengkap", yang efektif adalah salinan dari seluruh isi fisik RAM. Hasil memori dump file mungkin akan didebug menggunakan kernel debugger.

Microsoft Windows juga dapat dikonfigurasi untuk mengirimkan informasi debug ke pada server Microsoft dan mengidentifikasi dengan membaca dump memory yang terdebug tadi.

Blue Screen bisa juga disebabkan oleh terminating baik csrss.exe atau winlogon.exe. Ini tidak dapat dilakukan dengan Windows Task Manager, tetapi dapat dilakukan dengan perangkat lunak pihak ketiga. Salah satu program ini juga dapat menghentikan proses jika gagal.

Secara default, Windows XP dikonfigurasi untuk menyimpan hanya 64kB minidump ketika ditemui BSOD, kemudian secara otomatis komputer akan melakukan reboot. Karena proses ini terjadi sangat cepat, maka user tidak dapat mengetahui kode-kode yang dapat diterjemahkan sebagai sumber masalah penyebab BSOD. Ini terjadi bila komputer memiliki fungsi yang disebut "Auto Restart" diaktifkan, tapi dapat dinonaktifkan di Control Panel.

BSOD juga dapat disebabkan oleh kesalahan bootloader, dimana sistem operasi tidak dapat mengakses partisi boot karena salah penyimpanan, sistem file yang rusak atau ada permasalahan yang sejenis. Kesalahan kode dalam situasi ini adalah STOP 0x0000007B (INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE). Dalam kasus tersebut, tidak ada memori dump yang disimpan, karena sistem tidak dapat melakukan boot dari hard drive dalam situasi ini. Koreksi dari masalah ini membutuhkan boot dari CD Microsoft Windows. Setelah boot ke CD, instal dengan menggunakan Recovery Console (dengan CHKDSK).

Warna biru dipilih karena warna konsol dari DEC Alpha, sebuah platform yang menjalankan versi Windows NT yang tidak dapat diubah dengan mudah.

BSOD pada Windows 9x/Millenium E
dition (ME)
Dari dua alasan yang paling umum untuk BSOD adalah, error yang terjadi bertentangan dengan versi DLL. Windows DLL akan di load memori ketika diperlukan oleh program aplikasi jika versi diubah. Pada saat aplikasi mengambil DLL Pada Windows 95 dan 98, yang terjadi ketika mencoba untuk mengakses sistem file "c: \ kon \ kon" di hard drive. Hal ini sering terjadi pada saat website crash. Microsoft telah merilis sebuah patch untuk ini. Jenis BSOD ini tidak lagi dilihat pada Windows NT, 2000, dan XP.

BSOD pada Windows CE
Versi BSOD ini terjadi pada Windows CE, kecuali untuk versi Pocket PC. Biru di layar Windows CE 3.0 mirip dengan Windows 95 dan 98.

BSOD pada Windows 3.1
Windows 3.1 adalah versi Windows pertama yang menggunakan blue screen. Di Windows 3/1 ditingkatkan modus 386, blue screen juga ditampilkan bila Control-Alt-delete ditekan. Pada versi beta Windows 3.1, yang pada dasarnya sama, namun menggunakan latar belakang hitam bukan biru.

BSOD pada Microsoft Xbox.
Meskipun Microsoft Xbox biasanya menunjukkan green screen of death bila terjadi kesalahan kritis, biasanya karena DVD yang dipakai tidak asli atau karena kerusakan komponen pada konsol game ini.

BSOD pada Mac OS X 10.5
Tidak seperti banyak BSOD pada umumnya, pada OS ini merupakan bagian dari proses boot biasa dalam beberapa situasi. Beberapa pengguna yang melakukan upgrade dari Mac OS X 10.4 Tiger ke Mac OS X 10.5 Leopard mengalami pengalaman serupa BSOD pada boot. Layar tetap biru untuk jangka waktu tak terbatas karena aplikasi peningkat perbaikannya tidak kompatibel dengan driver yang disertakan.

BSOD pada PlayStation Portable (PSP)
BSOD pada PSP terjadi pada saat pengaturan flash1: rusak atau hilang sehingga PSP akan mencoba untuk menciptakan kembali registri atau firmware dalam kondisi yang tidak biasa, biasanya diakrenakan saat modifikasi firmware.

PSP yang juga memiliki RSOD (red screen of death) yang dapat muncul ketika bagian dari internal flash0: yang rusak atau hilang. Hal ini biasanya lebih fatal dibandingkan dengan BSOD karena tidak ada pilihan untuk memperbaikinya.

BSOD pada Nintendo Wii
Pada console game ini jarang sekali terjadi BSOD atau jika pada konsol game ini disebut sebagai GSOD (green screen of death) pada penggunaan resmi dan secara normal (pemakaian tidak secara terus-menerus selama 1 bulan tanpa mati), dan juga dapat disebabkan oleh penggunaan DVD game bajakan.

BSOD Keliling Dunia
BSOD tidak hanya muncul pada sistem operasi dan konsol game, tapi BSOD sudah merambah dimana saja ketika penggunanya memakai hardware berbasis komputer. Contohnya adalah seperti di bawah ini.
  1. BSOD muncul di The Paris in Las Vegas.
  2. Microsoft Error menyerbu Piccadilly Circus.
  3. TIMEZONE atau arena game.
  4. Fidelity Investments.
  5. Bandara.
  6. Kereta api bawah tanah.
  7. BSOD bahkan muncul menjadi artis pembukaan Olimpiade Beijing 2008.
  8. The Big Apple di New York.
  9. Restoran siap saji.
  10. Tempat pengisian bahan bakar/gas stations.
  11. ATM dan tempat parkir.
Diambil dari www.hyem.org dan id.wikipedia.org.

 

Lipsum

Followers