Hafid Realms

Blogger Template by ThemeLib.com

Memahami Blue Screen of Death (BSOD) pada Windows XP

Published by Hafid under on 00.20
Baiklah, jika di artikel sebelumnya ada pembahasan tentang apa itu blue screen of death (BSOD), maka di artikel ini akan menjelaskan tentang pemahaman BSOD yang ada pada Windows XP. Saya hanya menjelaskan tentang BSOD pada Windows XP karena operating system buatan Microsoft inilah yang paling umum dan mayoritas dipakai di Indonesia, maupun di dunia. BSOD sendiri dicirikan dengan tampilan layar berwarna biru pada monitor komputer yang menampilkan informasi kerusakan, baik di hardware maupun di software, yang mungkin saja disebabkan oleh kesalahan fisik seperti memori, ketidakstabilan power supply, komponen terlalu panas, atau perangkat keras yang berjalan di luar batas spesifikasi normal (overclocked).

Blue screen of death (BSOD) pada Windows XP


Sebenarnya dengan adanya BSOD, pengguna akan mendapatkan informasi kesalahan dan kerusakan yang terjadi pada komputer. Namun, bagi pengguna komputer awam, mendapatkan komputer mereka menampilkan layar biru BSOD, pastinya akan panik, bertanya sana-sini sampai akhirnya membawa komputer tersebut ke tempat servis. Apalagi dengan pesan-pesan kesalahan yang terkesan "tidak nyambung" dalam menjelaskan letak permasalahan, membuat pengguna pun menjadi ragu untuk mengutak-atik sendiri komputer mereka, termasuk Saya sendiri.


Informasi yang ditampilkan oleh BSOD dapat dikategorikan sebagai berikut ini.
  1. Pesan kerusakan/error message, yang berisi pesan kesalahan utama.
  2. Troubleshootingyang berisi anjuran atau saran-saran apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan, letaknya berada di bawah pesan error.
  3. Kode-kode heksadesimal yang menuliskan kode-kode crash.
  4. Memory dump message yang mengindikasikan bahwa semua proses yang saat itu sedang berlangsung di memory disalin ke dalam sebuah file di harddisk untuk kepentingan debugging. Biasanya file debugging ini dibutuhkan para teknisi untuk menganalisa dan memperbaiki kesalahan.
Di bawah ini merupakan penjelasan tentang beberapa pesan-pesan kesalahan utama yang ditampilkan oleh BSOD pada operating system Windows XP dengan penyebabnya.

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Pesan ini paling sering muncul saat komputer menampilkan BSOD. Pesan kesalahan ini umumnya disebabkan kerena adanya ketidakcocokan driver yang terinstal di komputer, yang meliputi :
  • Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok.
  • Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda.
  • Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card.
NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan ini setidaknya sudah sedikit bisa dimengerti, dengan memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau file systemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA, atau bisa juga mengecek partisi dengan tool chkdsk.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan seperti ini dapat muncul karena disebabkan oleh :
  • Overclock Hardware yang berlebihan.
  • Komponen komputer yang kepanasan.
  • BIOS yang korup.
  • Memori dan CPU yang cacat.
DATA_BUS_ERROR
Pesan ini muncul disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memori atau slot memori di motherboard mengalami kerusakan.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA Pesan ini muncul disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memori utama, memori video card, atau memori di prosesor (L2 Cache).

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan ini muncul karena disebabkan adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper hard disk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE Pesan ini muncul karena adanya kesalahan yang terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

BAD_POOL_CALLER Pesan ini muncul karena adanya kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini muncul disebabkan karena adanya kerusakan pada RAM.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan ini muncul karena disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.


Diambil dari ikroma.wordpress.com.
 

Lipsum

Followers